Posted by : yulia Friday 7 December 2012

Terobosan baru dalam penelitian Chikungunya dipelopori oleh para ilmuwan di A*STAR Singapore Immunology Network (SIGN) telah membuat langkah besar dalam pertempuran melawan penyakit menular. Bekerja dalam kolaborasi erat dengan Singapore clinician-scientists and international researchers Dr Lisa Ng, Kepala Peneliti ??kelompok riset Chikungunya di SIGN, memimpin tim untuk menemukan biomarker langsung yang berfungsi sebagai prognosis awal dan akurat dari pasien yang memiliki risiko yang lebih tinggi dari bentuk yang lebih parah dari demam Chikungunya (CHIKF). Ini berarti bahwa dokter sekarang dapat dengan cepat dan akurat mengidentifikasi pasien yang berisiko, memfasilitasi pengobatan yang lebih tertarget dan perawatan klinis pada awal penyakit.

Demam Chikungunya, yang disebabkan oleh virus Chikungunya (CHIKV), disebabkan karena nyamuk, penyakit menular endemik ke Asia Tenggara dan Afrika. Sejak kebangkitan kembali pada tahun 2005, infeksi CHIKV telah menyebar ke hampir 20 negara untuk menginfeksi jutaan orang. Singapura, misalnya, terkena dua kali oleh wabah demam Chikungunya di Januari dan Agustus 2008.

CHIKV infeksi ditandai dengan onset mendadak demam sering disertai dengan sakit otot dan nyeri sendi. Meskipun kebanyakan pasien sembuh sepenuhnya dalam waktu seminggu, dalam kasus yang parah, nyeri sendi yang dapat bertahan selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Bagi individu dengan sistem kekebalan tubuh lemah, penyakit ini dapat mengakibatkan kematian. Dengan ada vaksin klinis yang disetujui atau pengobatan untuk demam chikungunya, hal itu masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang mengkhawatirkan.

Untuk merancang strategi untuk menghentikan penularan CHIKV, tim Dr Ng berkolaborasi dengan Profesor Leo Yee Sin dan Dr Angela Chow, dokter-ilmuwan dari Pusat Penyakit Menular (CDC) di Tan Tock Seng Hospital, untuk mempelajari bagaimana tubuh manusia merespon infeksi HIKV. Tim melakukan studi komprehensif tentang respon antibodi terhadap CHIKV pada pasien. Mereka menemukan bahwa pasien yang merespon penyakit pada awal dengan tingkat Immunoglobulin G3 tinggi  (IgG3), antibodi alami yang didapat, melindungi dari bentuk yang lebih parah dari demam Chikungunya, ditandai dengan nyeri sendi persisten.


Di sisi lain, pasien dengan respon IgG3 tertunda umumnya memiliki gejala yang kurang akut di awal, tetapi lebih rentan terhadap nyeri sendi kronis melemahkan pada tahap akhir dari penyakit. Oleh karena itu, IgG3 antibodi berfungsi sebagai biomarker tertentu pasien dengan peningkatan risiko penyakit yang parah.

Bekerja sama dengan ahli komputasi dari A STAR * Institute for Infocomm Research (I2R), tim Dr Ng juga menemukan bahwa bagian sangat kecil dari protein Chikungunya virus, bernama "E2EP3", mampu menginduksi respon IgG3 pelindung alami dalam model praklinis . Mereka menemukan bahwa tikus yang divaksinasi dengan E2EP3 peptida yang dilindungi terhadap CHIKV mengalami penurunan yang signifikan dalam jumlah virus dan peradangan sendi. Temuan ini menimbulkan harapan untuk vaksin Chikungunya baru yang efektif yang dapat menawarkan perlindungan terhadap virus Chikungunya saat wabah melanda.

Dr Ng mengatakan, "Pengobatan jangka panjang diperlukan untuk nyeri sendi kronis di Chikungunya pasien terinfeksi menempatkan beban sosial dan ekonomi bagi pasien dan sistem kesehatan publik. Kami sangat senang bahwa wawasan mekanistik diperoleh melalui penelitian kolaboratif kami dengan rumah sakit setempat dan mitra riset internasional telah menemukan 'senjata baru' untuk mengatasi Chikungunya yang lebih efektif. "

Direktur Ilmiah SIGN, Profesor Paola Castagnoli mengatakan, "Dengan ancaman meningkatnya infeksi virus Chikungunya, khususnya di Asia dan Pasifik, ini terobosan signifikan dan merupakan langkah maju dalam meningkatkan kesiapsiagaan pandemi kita terhadap penyakit menular. Ini adalah bukti sukses kolaborasi antara ilmuwan penelitian dan dokter dalam menerjemahkan penemuan ilmiah ke solusi kesehatan berdampak untuk kepentingan Singapura dan seterusnya. "

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Labels

jerawat (6) kecantikan (14) kesehatan (63) makanan (5) minuman (6) obat penyakit (12) olahraga (2) Produk (3) reproduksi (2) Tips (5) wanita (8)

Blog Archive

Powered by Blogger.

- Copyright © kelinci murka -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -